My Energy Source Indonesiaku Laut

Aku dengan bawah lautnya Indonesia

Menikmati bawah laut nya adalah tujuan utama ketika aku menjelajahi Indonesia .  Baru tahun terakhir aku bisa menikmati perjalanan tanpa adanya laut.

Sebelumnya aku selalu mencari perjalanan yang tujuan utamanya berenang di laut. Ketika aku menyelam rasanya aku punya dunia sendiri. Setiap tempat yang aku jelajahi punya kisah yang selalu aku kenang.

BUNAKEN – SILADEN – MANADO

Rasanya Bunaken dan Siladen menjadi kenangan pertama aku berada di bawah lautnya Indonesia yang membuat aku ketagihan menjelajahi Indonesia dengan segala keindahan di dalamnya.

Pertama kali aku mencoba Scuba Diving di Bunaken, aku menyukainya tapi lebih menyukai menyelam bebas. Karena aku sendiri suka kebebasan.

Bawah lautnya Bunaken - I ndonesia

Bawah lautnya Bunaken – Indonesia

Saat itu aku menyelam sampai 12 Meter dan ikan-ikannya sangat beragam, kesan pertama di bawah laut dengan kedalaman 12 meter adalah hal yang membuat aku semakin bergairah.

Setelah menikmati bawah lautnya Bunaken, aku dengan kawan bergeser ke Siladen, saat itu hal yang ku kenang adalah dalam perjalanan di perahu kami di beri hujan, sempat berpikir untuk membatalkan tapi kawan kami mengatakan lanjut akhirnya kami mengikuti sarannya.

Sampai laut Siladen hujan reda dan matahari begitu terik , menyinari kami bermain dengan ikan-ikan yang cantik. Karangnya pun sehat dan itu hanya 2 meter dari permukaan laut.

bawah laut Siladen - Indonesia

bawah lautnya Siladen – Indonesia

KARIMUN JAWA

Kenangan di bawah laut karimun jawa adalah ketika menemukan taman karang yang pendek.

bawah lautnya karimun jawa - Indonesia

bawah lautnya karimun jawa – Indonesia

Percayalah apa yang di lihat di foto ku diatas aku tidak menyentuh karang, karena aku sangat berhati-hati dengan karang , aku selalu memastikan diri untuk tidak menyentuhnya.

Karena dengan itulah aku segera meninggalkan spot tersebut. dan menikmati keindahan bawah lautnya Karimun di tempat yang lain.

Bawah lautnya Karimun Jawa - Indonesia

Bawah lautnya Karimun Jawa – Indonesia

Dan ini adalah tempat kesukaanku saat itu , disela-sela karang besar itu sering bermain ikan-ikan yang indah . Saat itupun aku sering mengingatkan kawan untuk tidak menyentuh apalagi menginjaknya.

LOMBOK

Sejujurnya bawah lautnya Lombok kurang menarik aku nikmati, pulau tersebut lebih menawarkan pemandangan indah pantainya, kedalaman lautnya kurang begitu menggodaku.

Namun ada satu tempat yang aku terkesan yaitu saat mengejar penyu besar di Gili Meno, aku sendiri tidak terlalu lama menikmati berenang dengan penyu tersebut, karena kawan-kawan lain sudah berebutan untuk bernarsis dengan penyu.

Aku sendiri lebih menikmati melayang jauh ke dalam lautnya dan memandang benda-benda putih yang terdapat di dasar laut. Buat aku seperti ada dalam langit dan melihat kota – kota di bawahnya.

Bawah lautnya Lombok - Indonesia

Bawah lautnya Lombok – Indonesia

Terlalu menikmati suasana itu aku sempat kehabisan nafas dan kembali meluncur ke permukaan dan kembali lagi terjun ke dalam laut untuk menikmati keindahannya.

Belitung

Sama seperti Lombok, Belitung adalah pulau yang lebih menawarkan pemandangan indah pantainya, terlebih saat naik ke mercusuar yang ada di pulau lengkuas.

Dan tidak jauh dari Mercusuar itulah kami menikmati bawah lautnya Belitung, saat itu cuasa kurang mendukung jadi kejernihan air dalam tempat itu kurang mendukung kami menikmati indahnya ikan dan karang.

Yang aku ingat saat itu aku banyak menemukan karang berwarna biru dan itu adalah karang kesukaanku.

Bawah lautnya Belitung - Indonesia

Bawah lautnya Belitung – Indonesia

MENJANGAN – BALI

Pulau ini punya kisah yang tidak pernah aku lupakan , disanalah aku menemukan tempat yang mengagumkan. Kenangan itu selalu teringat saat menikmati bawah lautnya Indonesia lainnya.

Bawah lautnya Menjangan - Indonesia

Bawah lautnya Menjangan – Indonesia

Jika kawan-kawan lain menikmati indahnya taman karang, aku sendiri menikmati bawah lautnya Menjangan dengan menyusuri garis batas antara biru tua dan biru muda yang menandakan dalamnya laut.

Jika memandang laut biru tua tidak akan pernah tahu ada apa di balik itu. hanya kegelapan, namun jika memandang di biru muda akan terlihat taman karang yang berwarni.

Dibalik taman itu jika menyelam terdapat dinding karang yang menurutku jauh lebih indah dari taman. Sesekali aku menyelam menikmati dinding karang itu dan disana banyak terdapat ikan-ikan yang tidak ada di taman.

Bawah lautnya Menjangan - Indonesia

Bawah lautnya Menjangan – Indonesia

Menariknya lagi aku sering kali bertemu ikan yang berpasangan dan aku suka mengikutinya. Hal yang menyenangkan.

WAKATOBI – SULAWESI TENGGARA

Ah , mengingat bawah lautnya Wakatobi membuat nafasku terasa segar. Iya, hanya mengingat saja sudah seperti itu. Begitulah, sampai saat ini aku belum menemukan keindahan bawah laut seperti Wakatobi.

bawah lautnya Wakatobi - Indonesia

bawah lautnya Wakatobi – Indonesia

Saat itu aku menyelam bebas di Wangi-wangi, Tomia dan Hoga. Yang menjadi kesukaan saya adalah Tomia.

Bawah laut Pulau Tomia buatku adalah tempat sempurna untuk menyelam. Jika hanya snorkling saja sudah menemukan karang yang sehat, ikan-ikan yang berwarna warni.

Jika menyelam bebas atau scuba Diving, akan menemukan keindahan karang dan ikan-ikan yang berbeda. Dinding karangnya begitu indah. Ada banyak ikan -ikan besar yang bisa di temukan.

bawah lautnya Wakatobi - Indonesia

bawah lautnya Wakatobi – Indonesia

Karena mentari meninggalkan kami, terpaksa harus naik dari permukaan laut. Sejujurnya tidak rela. Esoknya ingin kembali tapi karena ke pulau lain terpaksa niat menikmatinya di tunda.

Suatu saat aku pasti kembali, ini adalah niatku. karena bawah lautnya Wakatobi buatku adalah bawah laut Indonesia  terbaik saat ini.

Baca juga kisah aku tentang Tomia disini

PULAU TUNDA – BANTEN

Saat itu aku punya kesempatan ke salah satu pulau yang ada dekat Jakarta.  Menempuh jarak kurang lebih 3 jam dari Jakarta ke Pulau tersebut.

Pulau Tunda menawarkan keindahan yang cukup memikat hatiku , karangnya cukup sehat dan tentu dengan karang yang sehat akan banyak ada ikan-ikan berwarna warni.

Bawah lautnya pulau Tunda - Indonesia

Bawah lautnya pulau Tunda – Indonesia

Memang kejernihan  Pulau Tunda tidak sejernih pulau lain yan pernah aku kunjungi. Entah memang karena cuaca saat itu kurang baik atau atau hal yang lainnya.

Namun buatku Pulau Tunda adalah pilihan yang sangat baik untuk bisa mengisi akhir pekan, dibandingkan pulau lain yang dekat Jakarta.

bawah lautnya Pulau Tunda - Indonesia

bawah lautnya Pulau Tunda – Indonesia

Karena aku orangnya memang mencintai laut dengan kondisi yang tidak sebaik lainnya aku tetap berbahagia.

TAKABONERATE – SULAWESI SELATAN

Selain Wakatobi, pesona bawah lautnya Indonesia yang paling berkesan adalah Takabonerate.  Pesona Pulau yang disebut salah satu Atol terbesar di dunia .

Ada 2 hal yang paling aku ingat dalam perjalanan menikmati lautnya Takabonerate.

Pertama : Ketika menempuh perjalanan dalam kapal kurang lebih 6 jam dengan cuaca yang sangat buruk. Tinggi gelombang hampir lebih dari 3 meter. Hampir semua peserta merasa takut namun jalan sudah di tempuh kami hanya berserah.

Kedua : Menikmati bawah lautnya di salah satu titik menyelam di Tabonerate, aku merasa seperti ada di sebuah kerajaan kurcaci dengan taman-taman yang indah.

Bawah lautnya Takabonerate - Indonesia

Bawah lautnya Takabonerate – Indonesia

Namun karena arus atas laut titik menyelam saat itu sangat kurang bersahabat, terpaksa aku harus meninggalkan tempat yang begitu indah buatku.

Walaupun arus atasnya begitu kencang yang mengakibatkan gelombang, arus bawahnya justru sangat tenang, karena tidak semua peserta bisa menguasai menyelam bebas, dengan itu kami harus mencari tempat lain yang lebih nyaman untuk semua peserta.

Selain titik penyelam aku sebut kerajaan kurcaci , ada tempat lain yang arusnya cukup bersahabat. Disana ada ikan-ikan yang besar-besar dan banyak sekali.

Bawah lautnya Takabonerate - Indonesia

Bawah lautnya Takabonerate – Indonesia

Dalam kesempatan itu salah satu kawanku menyempatkan untuk menembak ikan untuk makan malam kami saat itu, dan sambil menunggunya aku bebas menikmati kedalaman lautnya.

Disana juga terdapat dinding karang yang aku suka. Sejujurnya aku belum puas menikmati Takabonerate selain waktu yang kurang, cuaca pada saat itu tidak sebaik yang kami kira, sehingga bawah lautnya tidak sesempurna yang seharusnya.

LABUAN CERMIN -KALIMANTAN TIMUR

Terakhir tempat yang aku kunjungin adalah Labuan Cermin, tempat ini aku kunjungin karena tergoda dengan informasi bahwa danau yang air nya terdiri 2 rasa, asin dan tawar.

Labuan Cermin - Indonesia

Labuan Cermin – Indonesia

Walaupun memang bukan bawah laut , aku tetap memasukkan hal ini disini karena aku merasa setengah dari air yang ada di danau tersebut adalah air laut.

Labuan Cermin - Indonesia

Labuan Cermin – Indonesia

Kenangan yang paling aku ingat di Labuan cermin adalah disana aku bebas bermain. Menyelam bebas dengan segala gaya.

Menyesal buatku adalah ketika aku tidak membawa gaun. Karena bergaya dengan gaun di sana rasanya paling cocok, tidak arus dan kejernihan airnya sangat baik.

Baca juga tentang labuan cermin disini

DERAWAN – KALIMANTAN TIMUR

Selanjutnya hal paling berkesan menikmati bawah lautnya Indonesia adalah ketika aku menikmati Derawan.

Bawah lautnya Derawan - Indonesia

Bawah lautnya Derawan – Indonesia

Pengalaman paling terkesan dalam hidupku, bermain dengan whale Shark dan sambil menunggu aku suka iseng menghampiri penyelam.

aku dan penyelam - Derawan

aku dan penyelam – Derawan

Paling aku ingat saat itu adalah ketika aku baru terjun dari perahu , whale sharknya langsung di depan mukaku, mungkin jika mulutnya terbuka aku sudah masuk ke mulutnya.

Karena kaget aku langsung naik kembali ke perahu dan meminta kawanku memastikan whale shark agak jauh dari perahu. Aku tidak trauma. Saat whale shark sudah cukup jauh dari perahu aku kembali turun dan menikmati bawah laut dengan si ganteng whale Shark .

aku dan Whale Shark - Derawan.

aku dan Whale Shark – Derawan.

Sekali lagi, aku bersyukur bisa lahir dan hidup di bumi pertiwi ini karena aku sangat mencintai laut dengan segala isinya. Rasanya jika sebulan tanpa menikmati laut nafasku sudah tersengal-sengal layaknya ikan tanpa air.

Ini pengalamanku dengan bawah lautnya Indonesia.

Bagaimana denganmu ?

12 Comments

  1. dani 11 September 2016
    • Nik 11 September 2016
      • Lia Harahap 12 September 2016
        • Nik 14 September 2016
  2. adelinatampubolon 21 September 2016
    • Nik 21 September 2016
  3. evrinasp 1 Oktober 2016
    • Nik 1 Oktober 2016
  4. BaRTZap 2 Oktober 2016
    • Nik 2 Oktober 2016
  5. rynari 4 Oktober 2016
    • Nik 4 Oktober 2016

Tinggalkan Jejakmu... Karena itu Sangat Berarti!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: