Indonesiaku Langkahku

Trip Labuan Bajo – Warna Sempurna bersama mereka

Trip Labuan Bajo April lalu bersama sahabat IDC bisa dibilang trip paling sempurna buatku. Setiap bagiannya ada kisah menjadi catatan penting.

Mulai dari dramanya persiapan atau menuju sampai bagaimana setiap pesertanya punya bagian tersendiri menjadikan perjalanan itu menjadi sempurna.

Sempurna dalam perjalanan bukan hanya tentang semua kesenangan yang didapat , karena tentu setiap hal semesta memberikan pelajaran yang kadang tidak sesuai dalam benak. Termasuk trip Labuan Bajo ini,  hal tidak berkenanpun kami alami.

Akan tetapi hal yang kurang berkenan itu jika disandingkan dengan kebersamaan peserta disertai alam yang begitu Indah semua hal yg tak bekenan menjadi satu titik kecil ,hal itu hanya menjadi pengingat buat kami bahwa tidak ada dalam bumi ini semuanya bisa kami dapatkan sesuai kehendak.

Trip Labuan Bajo

Drama menuju Labuan Bajo

Sejujurnya keinginan untuk melangkah menemui Labuan Bajo sudah ingin di wujudkan tahun lalu, namun entah kenapa hati ini berkata untuk ditunda saja. Sampai aku sendiri mempersilahkan para sahabat lainnya untuk melangkah duluan.

Namun memang rejekiku, sebagian besar mereka mengikuti apa yang kulakukan, seperti biasa sebelum melangkah aku mencari orang yang bisa menemani disana. Dengan segala kegigihanku ( mungkin bisa disebut bawelku ) aku mendapatkan harga yang menurutku cukup sesuai dengan fasilitas yang diterima.

Memang jika dilihat secara nilai, harga yang aku dapatkan cukup besar, boleh ini paket trip paling mahal . Aku yang merasa diri secara tubuh tidak sekuat dulu, ingin menjelajahi Bumi pertiwi lebih sedikit santai.

Untuk  trip Labuan Bajo yang menjadi kunci adalah kapal. Karena itu kapal yang kupilih cukup besar dan sedikit nyaman untuk dinikmati selama tiga hari. Untuk iterary dan  harga sudah di sepakati hingga tiba waktunya untuk down payment alias DP.

Selanjutnya…

Trip Labuan Bajo

Dramapun dimulai,

Harga yang disepakati adalah harga dengan peserta enam belas orang , peserta yang sudah terdapat sudah hampir memenuhi hingga DP itu terjadi.

Proses DP awalnya cukup lancar namun hingga beberapa peserta batal bukan tentang tidak bisa DP tapi ada halangan yang tidak bisa ditawar, aku yang merasa yakin dengan keikutsertaan mereka lupa bahwa waktu begitu ajaibnya menentukan apa yang menjadi kehendaknya.

Semua bisa berubah, itu yang aku lupakan karena rasa percaya dan keyakinanku terlalu tinggi hingga merepotkanku sendiri, karena kepastian untuk tidak ikut dalam trip ini , waktunya sangat dekat dengan hari keberangkatan.

Warna Terang

 

Rekan yang ada di Labuan Bajo pun tidak mampu mengurangi harga jika peserta berkurang, hingga aku harus berjuang dengan segala cara , hingga pada titik aku pasrah. Saat semuanya pasrah alias berserah terjadilah yang harus terjadi, begitu yang aku pikirkan . Maka mulainya saatnya  DIA mengambil alih perkara kurang peserta tersebut.

Hadirnya Warna Terang.

Semua peserta ikut andil mencari kawan untuk bisa diajak , hingga semesta memilih Sandya menjadi penyelamat trip Labuan Bajo dalam kepersertaan. Dengan lincahnya dia menghadirkan empat orang tanpa banyak cerita.

Menjadi catatan penting dan rejeki terbesarku saat peserta baru ini adalah pribadi-pribadi yang punya warna kuat dalam perjalanan kami. Hingga akhirnya drama kepersertaan terselesaikan. Untuk drama-drama lainnya tidak bisa aku ungkapkan biarlah itu menjadi pembelajaran tersendiri buatku.

Tukang Foto dan pemberi semangat

Nah yang ini jadi kekuatan besar dalam perjalanan kami saat itu, menikmati lukisan Tuhan yang sempurna di Labuan Bajo sangatlah penting dan tidak kalah penting adalah mengabadikan moment –moment indah yang kami lakukan saat itu.

Dengan beserta enam belas orang saat trip Labuan Bajo , kami ditemani oleh empat tukang foto alias fotografer. Belum lagi peserta lainnya ada beberapa membawa kamera , walau hanya ingin mengabadikan sesuai kehendak mereka , tetap  mereka juga menjadi ambil bagian.

Dengan lebih dari enam kamera ( satu fotogramer membawa lebih kamera lebih dari satu karena memang pekerjaan utama itu ) serta satu drone bisa dibayangkan bagaimana hasil dokumentasi perjalanan kami saat itu.

Canda tawa pemberi semangat

Trip Labuan Bajo medannya tidaklah mudah, setiap tempat yang dituju sebagian besar membutuhkan tenaga untuk jalan kaki yang menanjak. Tentu selain dibutuhkan tenaga , penyemangat penting buat kami.

Rejeki buatku peserta yang ada tidaklah punya karakter yang suka

mengeluh dan lebih rejeki lagi para tukang foto itu punya jiwa-jiwa pengembira. Ada saja celotehannya yang membuat kami tertawa berderai panjang.

Para tukang foto itu satu sama lainnya saat mengeluarkan celotehan satu sama lainnya begitu cepat tersambung, kataku tik tokkannya pas dan cepat. Selama trip ada saja bahan yang didapat hingga kami terhibur dan memberi semangat.

Saling Mendukung

Tidak hanya tukang foto yang memberi peran atau warna yang kuat dalam perjalanan kami , peserta yang lain juga ada yang punya karakter yang memberi semangat , sifat saling menolong menjadi karakter kuat juga dalam tiap peserta.

Jika aku boleh berkata,

“ Jika kau ingin mengetahui karakter orang lebih dalam, maka ajaklah dia traveling minimal empat hari”

Pengalamanku mengatakan hal itu terbukti sekali.

Seperti halnya saat itu, diantara kami ada yang cedera terlihat sekali karakter mereka yang suka menolong , mendukung untuk meringankan beban yang lainnya. Berlomba-lomba saling meringankan beban yang lain itu yang aku liat. Buatku itu sesuatu yang sangat indah.

Sempurnanya Lukisan Tuhan

Terakhir, sempurnanya trip Labuan Bajo dengan kami diperlihatkan,  bagaimana lukisan Tuhan di bumi Flores begitu Indah. Disertai dengan waktu yang tepat hingga cuaca yang sangat mendukung , kami bisa melihat bagaimana karya sang maha Agung itu ada disana.

Warna rumput saat kami hadir disana hijau menuju kuning , dengan itu membawa tumbuh indahnya bunga-bunga liar disepanjang perjalanan terutama di pulau padar.

Tidak hanya itu kupu-kupupun menyapa, menyempurnakan keindahan perjalanan kami. Setiap sudutnya Labuan Bajo memperlihatkan keindahannya, jika boleh kukatakan kalau Raja ampat itu adalah lelaki Ganteng yang misterius sedangkan Labuan Bajo adalah lelaki tampan yang hangat dan menyenangkan.

Wajahnya penuh senyum hingga bagi siapa saja yang memandangnya,  bisa tersenyum manis berkata kau begitu rupawan.

Kesimpulan.

Maka bersama mereka trip Labuan Bajo menjadi sempurna,  memberikan pelajaran tersendiri kembali padaku,

  1. Berusahalah mengingat bahwa waktu itu begitu jahilnya bisa merubah apapun.
  2. Karakter terlihat jika masalah itu hadir.
  3. Tidak semua hal menjadi kehendak terjadi.
  4. Indahnya tempat yang dituju akan sempurna jika ditemani orang-orang yang tepat.

Silahkan baca juga bagaimana Waerebo memberi kisah tersendiri buatku.

All pic by : Ayu, Bang Palty, Iwan, Andri, Yudi

8 Comments

    • Nik 8 Mei 2018
  1. Inayah 9 Mei 2018
    • Nik 9 Mei 2018
  2. Bubu 9 Mei 2018
    • Nik 9 Mei 2018
  3. Adit 13 Mei 2018
    • Nik 13 Mei 2018

Tinggalkan Jejakmu... Karena itu Sangat Berarti!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: