Langkahku

Membangun kebiasaan baik di Tahun Ayam

Lunar New Year 2017 seminggu sudah lewat, bertepatan tanggal itu aku dengan team langkah kami menghabiskan hari itu bersama. Ketika menikmati bersamaan dengan mereka aku berpikir akan membangun kebiasaan baik di tahun ini.

Selamat datang Tahun 2017, Tahun Ayam Api.

28 Januari seminggu yang lalu dengan kawan-kawan langkah kami menghabiskan waktu bersama, mengenal lebih dekat Ibu kota dengan menikmati taman-taman.

Tentu sambil menikmati kebersamaan kami mengabadikan moment-moment indah hari itu dengan jepretan Iwan sang pejalansenja.

Lunar New Year 2017

Lunar New Year 2017

Tahun Ayam Api akan menjadi tahun dimana kesempurnaan menjadi prioritas utama. Setiap individu akan dituntut untuk menghasilkan pekerjaan yang sempurna begitu kata situs transsulawesi.com.

Dengan informasi itu ditambah dengan keinginan hati untuk meningkatkan nilai hidup, aku berpikir untuk membangun kebiasaan baik ditahun Ayam api ini.

Bangun Pagi dan Jalan kaki

Aku memang bukan seorang morning person, tapi bukan berarti aku tidak bisa bangun pagi, karena merasa tidak ada kepentingan atau kegiatan dipagi hari aku menjadi seorang yang sedikit malas bangun pagi.

Tapi diakhir tahun kemarin , berawal dari aku yang punya keinginan untuk mulai menjelajahi gunung-gunung di Indonesia. Aku mulai merasa mesti membangun kebiasaan bangun pagi dan jalan kaki dipagi hari.

Aku yang seorang pencinta laut ingin mencoba mengenal lebih dekat keindahan gunung- gunung di Indonesia tentu akan menjadi perjuangan berat. Untuk itulah aku harus memulai kebiasaan baik  bangun pagi trus jalan kaki.

Bangun pagi dan jalan kaki

Selain ingin mendaki gunung, membangun kebiasaan baik bangun pagi juga karena aku sempat membaca disalah satu buku bagaimana bangun pagi juga salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

ha ha ha biasalah ya kalau wanita itu urusan menurunkan badan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Selain itu banyak hal positif yang lain juga didapat ketika bangun pagi. Seperti pikiran lebih tenang dan lebih segar menyambut hari itu.

Sediakan Waktu untuk olah raga

Kalau membangun kebiasaan baik olah raga sudah aku lakukan dari tahun – tahun sebelumnya. Tapi tahun ini aku mulai lebih disiplin lagi karena aku makin membutuhkan stamina yang baik untuk menikmati tahun ini dan tahun -tahun selanjutnya.

Berenang

Selain jalan dipagi hari aku membangun kebiasaan olah raga yaitu berenang minimal satu kali setiap minggu, bersama sahabat-sahabat,  aku berenang setiap pulang kerja di hari rabu.

Membaca buku & Menulis

Membaca buku dan menulis sudah dilakukan , namun buatku membangun kebiasaan baik ini lebih di displinkan lagi.

Walau membaca adalah satu kesukaanku tapi kadang juga diabaikan karena bertambahnya aktifitas serta kelelahan dalam menjalankan tugas-tugas, belum lagi ditambah saat suasana hati yang kurang mendukung.

Tapi di tahun Ayam api ini aku bertekad membiasaan paling tidak  membaca minimal satu lembar setiap hari. Karena pernah aku membaca disalah satu buku bahwa jangan biarkan keadaan menghambatmu menikmati hal yang kau sukai.

Membaca

Selanjutnya menulis memang jadi salah satu kesukaan dan kesukaan menulis ini sudah ada dari sejak smp, berawal dari menulis diary dimana aku menumpahkan semua hal yang tidak bisa aku ceritakan pada orang.

Menulis

Namun seiring waktu dengan bertambahnya kegiatan kesukaan ini juga menjadi berkurang. Tahun ini aku ingin membangun kebiasaan baik menulis dengan berusaha publis di blog ini minimal satu minggu sekali.

Walau kadang sulit karena idenya suka menghilang . Menikmati taman mungkin salah satu cara aku untuk bisa kembali menulis , karena alam memang selalu memberi aku  tambahan energy. Saat menikmati taman di Lunar New Year kemarin itu aku merasakan bagaimana tempat itu membangkitkan ide -ide menulis.

Menyisihkan dana untuk Investasi

Nah untuk hal yang ini memang paling sulit aku lakukan , karena dana yang paling sering dikeluarkan adalah biaya travelling. Buatku saat ini travelling hal yang paling tidak bisa ditahan.

Tapi ketika berkawan dengan Dani dan Andhika aku semakin melek yang namanya investasi. Untuk membangun kebiasaan baik berinvestasi rasanya aku tidak mampu mengurangi kebiasaaan traveling.

Rasanya yang perlu dilakukan adalah mencari pendapatan lebih atau mengurangi biaya-biaya yang lain . Semoga kebiasaan baik yang satu ini benar-benar bisa aku lakukan di tahun ini.

Sediakan waktu untuk mendengar atau menjadi tong sampah

Seiring dengan waktu bertambah,  aku semakin sadar bagaimana mendengarkan  hal yang penting. Entah kenapa sejak kecil aku selalu dikondisikan menjadi seorang yang menerima segala cerita.

Mulai dari cerita rumah tangga sampai kisah – kisah hidup yang terlihat suka maupun duka, bahkan tidak jarang mereka mempercayakan kisah intimnya dengan pasangan.

Mendengar

Ditahun Ayam Api ini aku ingin membangun kebiasaan baik untuk lebih mendengar, dan hal ini aku berniat akan menyediakan program dirumahku ini. Nanti disaat  setahun www.niksukacita.com akan ada yang namanya Ocean Story.

Seperti apakah program itu ?

Tunggu di setahun rumahku ini ya…

Selain itu aku juga lagi mencoba membangun kebiasaan baik memakai product yang natural atau berbahan alami, bersyukur bisa mengenal product K-Link, menjadi member mendapatkan discount 20 %. Mendapatkan productnya bisa online, cukup dengan order disini.

Kesimpulan

Seperti yang sudah aku ceritakan di catatanku diakhir tahun 2016 , tahun ini aku tidak punya harapan apapun, hanya ingin menikmati rancangan Tuhan.

Namun membangun kebiasaan baik perlu aku lakukan bukan hanya suatu harapan untuk mendapatkan hal-hal yang baik dikemudian hari tapi lebih ke nilai hidup.

Nilai hidup yang bermanfaat.

Bagaimana denganmu , kebiasaan apa yang sedang dibangun ?

10 Comments

  1. Gara 6 Februari 2017
    • Nik 7 Februari 2017
      • Gara 7 Februari 2017
  2. denaldd 6 Februari 2017
    • Nik 6 Februari 2017
  3. adelinatampubolon 23 Februari 2017
    • Nik 23 Februari 2017
  4. Anisa 4 September 2017
    • Nik 4 September 2017
  5. Depz Simorangkir 30 September 2017

Tinggalkan Jejakmu... Karena itu Sangat Berarti!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: