Langkahku My Universe

2021 Berdansalah denganku – Ulang Tahun Masa Pandemi

2021 Berdansalah,

Melodi itu semakin terdengar jelas
membawa siaga raga , jiwa , akal
2020 dengan polahnya memberi tanda
buah pengetahuan itu sudah lebat
Siapa yang memakannya
Dialah menjadikan esok lebih siap

Minggu pertama usai sudah
2021 kau mengerling manis
sudah siap berproses ?
Bila kau bertahan
Mari kita bercerita nanti

Melodi aksara itu terlintas ketika minggu pertama sudah usai di 2021, minggu dimana semangat dan gairah awal tahun sekaligus ruang menyepi.

Iya,
5 Januari menjadi ruang menyepi, melihat kembali apa yang sudah dilalui setahun sebelumnya, kebiasaan ulang tahun keluar dari arena atau lingkaran kupilih setelah melepaskan seseorang.

Namun pandemi ini akal dipaksa untuk mencari cara bagaimana kebiasaan itu tetap ada tanpa keluar dari ketentuan.

Merubah Alur – 2021 Berdansalah

Mencari tempat baru, biasanya kota-kota yang belum aku kenal tujuan solo traveling saat ulang tahun. Kisah tahun – tahun sebelumnya sudah terlukis juga di rumah ini.

Tahun ini menjadi berbeda karena pandemi covid19 memaksa semua pihak untuk diam dalam arena, tentu dengan itu akalku berputar.

Bertemu tempat baru , kota baru menjadikan buah pengetahuan yang ranum buatku. Bagaimana berdialog dengan masyarakat setempat beserta kebiasaannya dan banyak hal yang bisa dipelajari.

Mengetahui hal baru seperti kehausan buatku dan ketika bertemu dengan itu membuat dahaga terpuaskan.

Masa ini ruang itu terlalu sempit dan aku memutuskan sedikit bergeser.

Staycation

Akhirnya untuk memberi hadiah pada diri dan tetap memuaskan dahaga itu, aku memutuskan staycation dalam kota. Tetap tidak mau keluar arena.

Walau sejatinya resiko itu tetap ada, karena itu segala protokol kesehatan yang dianjurkan aku usahakan sebaik mungkin dilakukan.

Biasanya saat diluar kota dengan kesendirian menikmatinya, bertemu tempat-tempat yang sedang banyak diminati , mempertemukan orang-orang baru, berdialog banyak hal.

Kesenanganku yang paling mengairahkan ketika setiap kota menemukan pemuda daerah diajak berdialog lebih dalam, tentang negeri dengan keindahannya atau hal-hal lain yang membawa sukacita pengetahuan seperti buah ranum, manis.

Kini,
Dengan kondisi ruang lebih diatur karena pandemi, cukup dalam hotel saja, menjelajahi arena tempat menginap, karena tidak keluar arena.

Dalam kota tempat tinggal sendiri, tak kehabisan akalku untuk mengenal lebih dekat pemuda bangsa. Hingga akhirnya aku memutuskan mengenal lebih dekat Ayu Dewi, gadis dengan segudang talentanya.

Sedikit merubah alur namun tetap dalam kebiasaan. Tetap membawa kelegaan dalam dahaga. Gadis ini juga memberi kado istimewa dengan melukis wajahku dan mengabadikan dalam potret yang indah.

Pencapaian 2020

4 Januari jam11’00 PM tiap tahunnya aku duduk manis membaca daily jurnal yang kutuangkan di tahun sebelumnya.

2020 tahun unik, khusus dan tak banyak berharap resolusi akan terwujud, tapi mata ini berbinar ketika membacanya, 70 % pencapaian merupakan hal yang sangat menyenangkan.

Terheran ketika tema yang aku ambil tahun lalu terwujud 100 % dan itu menjadikanku begitu bersemangat melangkah di 2021.

Kebiasaan baik yang sudah dilatih sejak dulu membuat 2020 memelukku dengan manis, walau tak semua sesuai akan tetapi secara keseluruhan , syukurku tak terhingga atas 2020.

Insan hanya perlu memahami bahwa setiap perkara terdapat buah pengetahuan, ranum atau tidaknya itu hanya soal rasa

Terbaik tahun lalu adalah ketika sebuah langkah kuputuskan yang menjadikan binar -binar pada insan muda, tanggung jawab tuk menjadikan penerus mempunyai hidup yang berkehidupan.

Akhirnya semua hal yang bisa kucapai berawal dari menyediakan waktu untuk hening.

Dalam Hening Kau Akan Temukan Dialog Mesra Dengan Diri Sendiri

2021 Berdansalah denganku

Tidak ada yang mengerti waktu kedepannya namun aku cukup mengerti waktu yang sudah berlalu bagaimana dia memperlakukanku.

Seperti halnya banyak pihak berucap,

Esok seperti apa tergantung kau memperlakukan hari ini

2020 kita cukup banyak berdialog, pesanmu rasanya sudah tersampaikan walau tetap butuh lebih banyak makan buah pengetahuan itu.

Akan tetapi dialog yang sudah terjadi menyakinkanku tuk melangkah 2021 dengan semangat dan binar, siap menari.

Tahun ini akan menjadi sangat khusus buatku , bila 2020 khusus buat banyak orang dan 2021 akan menjadi khusus buatku, paling tidak itu kutuangkan dalam peta.

Ada banyak pihak yang akan terabaikan, karena waktu telah berbisik untuk fokus pada sesuatu yang akan membawa kehidupan.

Bermain aksara akan menjadi kekuatan terbesarku dan butuh disiplin yang tinggi tuk menggapainya. Mimpi-mimpi yang belum terwujud ditahun sebelumnya masih tetap diperjuangkan.

Menari, berdansalah denganku 2021, mari kita berdialog dengan mesra.

Mesra buatku tidak selalu menyukakan egoku, bila kau ingin mendidikku untuk kebaikan, berlakulah karena itu salah satu cara dialog yang sempurna.

Dialog tanpa menghasilkan yang berkehidupan hanyalah sebuah cara membuang waktu tanpa arti.

2021 berdansalah denganku…

Tinggalkan Jejakmu... Karena itu Sangat Berarti!

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: